Contoh Surat Undangan Resmi yang Baik dan Benar

Contoh Surat Undangan Resmi –  Surat memiliki 2 jenis yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Surat resmi merupakan jenis surat biasanya digunakan dan dibuat oleh instansi atau perusahaan dalam suatuevent resmi. Surat resmi ada banyak macamnya, contohnya adalah surat undangan. Surat undangan resmi merupakan sebuah surat undangan yang dibuat oleh organisasi ataupun instansi yang ditujukan kepada perseorangan ataupun organisasi lainnya.

Surat Undangan Resmi, sangat berbeda dengan surat undangan tidak resmi. Perbedaan yang mencolok adalah pada penggunaan jenis font. Surat undangan resmi di tulis dan diketik dengan rapih dan menggunakan font yang normal tanpa style. Selain itu, surat undangan resmi menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar.Pada surat undangan resmi juga terdapat kop surat serta informasi seperti nomor telepon alamat dan informasi penting lainnya.

Pada kop surat undangan resmi biasanya berisi informasi seperti nomer surat, lampiran dan perihal surat (undangan). Masih bingung? tenang, karena kali ini kami akan membagikan informasi contoh surat undangan resmi yang baik dan benar, disimak ya!

Contoh Surat Undangan Resmi Dinas Pendidikan

PEMERINTAH KOTA BANDUNG
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 1 BANDUNG
Jalan Oto Iskandar Dinata 12, Bandung, Jawa Barat 
=======================================

Nomor       : 025/003/III/2010 20 Maret 2010
Lampiran   : Dua Eksemplar
Hal            : Permohonan Izin

Yth. Kepala Dinas Pendidikan
Kota Bandung

Dengan hormat
Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional SMP Negeri 5 Jakarta akan menyelenggarakan Lomba Pidato Tema Pendidikan Tingkat SMP Se-Kota Jakarta , Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada
hari/tanggal     : Minggu, 20 April 2010
waktu              : 08.00 s/d selesai
Tempat            : Aula SMP Negeri 5 Jakarta
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajukan permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih

Hormat kami
Ahmad Majid

Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan

PEMERINTAH KOTA BANDUNG
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 1 BANDUNG
Jalan Oto Iskandar Dinata 12, Bandung, Jawa Barat 
===================================

Nomor       : …
Hal            : Undangan Rapat
Lampiran   : …

Kepada Yth :
Bapak Abdul Halim
Manajer Produksi
PT. Bintang Raya
Di tempat,

Dengan Hormat
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara ulang tahun perusahaan yang ke 10, bersama ini kami mengundang seluruh manajer dan staf perusahaan PT. Bintang Raya untuk dapat menghadiri rapat persiapan acara ulang tahun yang akan dilaksanakan pada :

hari/tanggal : Minggu, 25 September 2014
waktu : 09.00 – 10.30
tempat : Gedung Aula PT. Bintang Raya

Demikian undangan ini kami sampaikan, demi sukses dan terselenggaranya acara tersebut kami harapkan Bapak/Ibu dapat menghadiri sesuai dengan waktu yang ditentukan. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih

 

Hormat Kami
Penanggung Jawab

Contoh Surat Undangan Resmi Sekolah

OSIS SMA Negeri 10 Bandung
Jl. Buah Batu No 15 Bandung
=========================================
Bandung, 10 Juli 2014

No         : 01/OSIS/UND EX/VII/14
Lamp     :1
Hal         : Undangan peringatan hari kemerdekaan

Kepada Yth :
Pengurus OSIS
SMA 22 Bandung
Jl. Buah Batu No 33 Bandung

Dengan hormat

Dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan Indonesia yang ke 69 kami selaku pengurus OSIS SMA Negeri 10 Bandung akan mengadakan kegiatan lomba antar sekolah. Sehubungan dengan itu kami memohon kehadiran perwakilan sekolah SMA 22 Bandung untuk turut serta dalam acara tersebut yang akan diselenggarakan pada :

hari : Minggu, 19 Agustus 2014 – 21 Agustus 2014
waktu : 08.00 WIB s/d selesai
tempat : Lapangan SMA Negeri 10 Bandung

acara : Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 69

Sangat besar harapan kami, SMA 22 Bandung turut serta dalam kegiatan tersebut demi sukses dan meriahnya acara tersebut. Hal-hal lain terkait kegiatan tersebut dapat dilihat pada lampiran

Hormat kami
Ricky Firmansyah
Nah itulah beberapa contoh surat undangan resmi yang baik dan benar yang bisa kami sajikan. Semoga contoh-contoh diatas bisa berguna dan bermanfaat serta memberikan pencerahan untuk Anda dalam membuat surat undangan resmi. Harap diperhatikan penggunaaan kata dan sebutan dalam pembuatan surat Undangan resmi supaya bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama undangan tersebut ditujukan untuk orang yang penting.