Contoh Surat Pengaduan Barang

Contoh Surat Pengaduan Barang – Beberapa waktu lalu saya sudah membagikan contoh-contoh surat niaga, kali ini saya akan membagikan lagi contoh surat niaga lainnya yakni contoh surat pengaduan barang. Surat pengaduan barang biasanya dibuat karena adanya barang kiriman atau pesanan yang mengalami kerusakan atau ketidakcocokan dengan apa yang dipesan sebelumnya oleh pembeli.

Surat pengaduan barang dikirimkan oleh pembeli kepada penjual, biasanya waktu pengaduan di beri waktu selama satu minggu. Didalam surat pengaduan barang itu biasanya tercantum nama barang yang salah atau tidak sesuai beserta jumlahnya. Untu lebih jelas seperti apa susunan dan format surat pengaduan barang, lihat contoh dibawah ini. Contoh-Surat-Pengaduan-Barang

Contoh Surat Pengaduan Barang

TOKO INGIN MAJU
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh
======================================================================
25 Maret 2015
Nomor :  35/IM/IV/2015
Kepada
PT Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta
Hal        :  Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp     :  1 (satu) lembar faktur
Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa :
1. 22 Unit Kulkas
2. 20 Unit Mesin Cuci
3. 30 Unit TV
4. 10 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit AC
Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 5 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak dapat dijual.
Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 5 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 5 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,
TOKO INGIN MAJU
IKHSAN
Pemilik

Contoh Surat Pengaduan Barang II

CV. MAJU MUNDUR
Jalan Lurus No. 123
Tangerang
=======================================================================
Nomor  :  123/MM/IV/2015                                                       25 Maret 2015
Kepada
PT. ASRI INDAH
Jalan Kekasih No. 34
Surabaya
Hal :  Pengaduan Kerusakan Barang
Dengan hormat,
Barang kiriman Saudara yang berupa 8 (delapan) buah Air Conditioner merk “Central” telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Pada waktu barang akan digunakan, kami sedikit kecewa karena ternyata ada 2 (dua) buah Air Conditioner yang tidak keluar udara sejuknya.
Sesuai dengan perjanjian Saudara yang akan memberikan garansi 1 (satu) tahun dan apabila terdapat kerusakan akan memberikan pelayanan untuk memperbaiki secara cuma-cuma, maka kami mohon Saudara mengirimkan montir untuk memperbaiki barang tersebut.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,
CV MAJU MUNDUR
IKHSAN
Manajer Penjualan
Demikianlah 2 contoh surat pengaduan barang yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga contoh diatas dapat membantu Anda dalam membuat surat pengaduan barang yang baik dan benar. Jika Anda tertarik membaca contoh surat lainnya silahkan jelajahi blog ini, karena kami memiliki cukup banyak koleksi contoh-contoh surat yang mungkin Anda perlukan.