Contoh Surat Keterangan Kehilangan STNK

Halo selamat siang, lama tidak update di blog ini. Kali ini mimin mau berbagi tentang contoh surat keterangan kehilangan STNK Motor. Surat ini dibuat sebagai pernyataan bahwa STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan) telah hilang, dengan adanya surat tersebut maka jika sewaktu-waktu ada tindakan hukum seperti razia Anda tidak akan di kenakan tilang.  Untuk membuat surat kehilangan STNK anda dapat langsung menuju kantor polisi/polres terdekat dari rumah Anda setalah Anda merasa kehilangan STNK.

Cara Membuat Surat Keterangan Kehilangan STNK Dari Kepolisian

Jelaskan kepada petugas kepolisian bahwa Anda telah kehilangan STNK dengan menyebutkan waktu kehilangan dan tempat kehilangan. Selain itu Anda harus menyertakan fotokopi stnk yang hilang. Namun, jika Anda tidak memiliki fotokopi STNK yang hilang, Anda bisa menyerahkan fotokopi BPKBnya. Lalu bagaimana jika motor tersebut masih kredit? tidak perlu khawatir, Anda bisa datang ke dealer tempat Anda kredit motor tersebut kemudian mintalah fotokopi BPKB yan telah dilegalisir kemudian bawa ke kantor polisi.

Baca Juga : Surat Pernyataan Kehilangan KTP

Oke dari pada berlama-lama silahkan lihat contoh surat kehilangan stnk dibawah ini.

Contoh-Surat-Keterangan-Kehilangan-STNK

Contoh Surat Kehilangan STNK Motor Dari Kantor Polisi

contoh surat kehilangan stnk dari polisi

Nah itulah contoh surat keterangan kehilangan STNK, setalah surat tersebut jadi, Anda bisa langsung mengurusnya kekantor SAMSAT di daerah Anda. Untuk mengurus stnk yang hilang Anda perlu menyiapkan beberapa syarat seperti :

  1. KTP ( ASLI & Foto Copy )
  2. Foto Copy STNK yang hilang jika ada
  3. Foto BPKB jika fotocopy stnk tidak ada
  4. Salinan Pajak ( ini bisa Anda minta di kasir pembayaran pajak )
  5. Surat Kehilangan dari kepolisian

Setelah semua syarat terpenuhi Anda bisa langsung ke kantor SAMSAT dengan membawa motor Anda. Setalah itu Anda diharuskan melakukan cek fisik motor Anda guna melihat nomor mesin dan nomor rangka motor. Hal ini untuk memastikan motor Anda bukan barang curian.

Setalah cek fisik selesai, silahkan bawa berkas cek fisik ke loket pendaftaran Kehilangan STNK. Di loket tersebut Anda akan diminta untuk mengisi formulir informasi kendara dan kepemilikan motor. Setelah formulir selesai di isi, serahkan kembali kepetugas dan laporan Anda akan di proses. Biasanya proses ini akan memakan waktu 2-3 hari saja, Anda akan diberikan kerta pengambilan STNK yang berguna untuk mengambil STNK yang telah diterbitkan kembali sesuai waktu yang telah di sepakati.

Itulah beberapa rangkaian cara mengurus STNK yang hilang, mudah bukan? Oh iya satu lagi biaya pengurusan STNK yang hilang hanya membutuhkan uang sebesar 50 Ribu untuk kendaraan roda dua dan 80 Ribu untuk kendaraan roda empat. Tidak mahal bukan? jadi silahkan urus sendiri dan jangan menggunakan CALO. Karena pasti Anda akan dikenakan biaya lebih mahal.

Semoga artikel tentang contoh surat keterangan kehilangan STNK motor ini dapat berguna dan dapat dijadikan referensi untuk Anda yang sedang membutuhkan informasi ini.