Contoh Surat Jawaban Pengaduan Barang

Setelah sebelumnya kita membahas contoh surat pengaduan barang, kali ini kita akan membahas contoh surat jawaban pengaduan barang. Surat jawaban pengaduan barang adalah surat balasan untuk surat pengaduan barang yang telah dikirimkan oleh pembeli kepada penjual.

Dengan dikirimkannya surat jawaban pengaduan barang itu, bukan serta merta pembeli mendapatkan barang penggantinya. Pihak penjual akan melakukan pemeriksaan kembali atas laporan tersebut. Apakah ketidak sesuaian tersebut diakibatkan oleh pihak penjual atau dari pihak pembeli sendiri.

Untuk lebih jelasnya seperti apakah susunan dan format surat jawaban pengaduan barang tersebut, silahkan simak dan perhatikan baik-baik contoh surat jawaban tersebut dibawah ini. Contoh-Surat-Jawaban-Pengaduan-Barang

Contoh Surat Jawaban Pengaduan Barang Rusak

PT. Karya Mandiri
Jln. Mawar No. 54
SURABAYA

================================================================

Nomor  :  4/ADUAN/V/2016                                                           20 Mei 2016
Hal        :  Penggantian Kerusakan
Lamp    :  1 (satu) Lembar Faktur

Kepada
Yth. Pemilik Toko Elektronik Karya
Jln. Lawu No. 45
Kudus, Jawa Tengah

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 14 Mei 2016 dengan Nomor: 12/CS/V/34 mengenai perihal pengaduan kerusakan barang/produk, telah kami terima dengan penuh perhatian.

Sehubungan dengan surat Saudara tersebut, kami segera melakukan konfirmasi dan pengecekan. Berdasarkan kroscek yang kami lakukan ternyata karyawan kami telah melakukan kesalahan dalam proses kemas sehingga menyebabkan barang pesanan Saudara mengalami kerusakan. Atas kejadian tersebut, kami selaku badan usaha mohon maaf yang sebesar-besarnya dan akan lebih memperhatikan pesanan Saudara agar tidak ada kejadian berulang.

Kami akan mengirimkan 5 unit Oven yang baru sebagai bentuk penggantian barang pesanan Saudara yang mengalami kerusakan dan faktur asli pesanan atas nama Saudara.

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT. Karya Mandiri

Mahmud, SE
Manajer Pemasaran

Contoh Surat Jawaban Pengaduan Barang Rusak II

PT Tirta Mandiri
Jalan Bhayangkara No. 043
Gombong, Jawa Tengah

Nomor  :  12/BPB/X/2013                                                       18 Oktober 2013
Lamp     :  1 (satu) lembar

Kepada
CV Rekayasa
Jalan Kalurang Km. 17
Sleman, Yogyakarta

Hal        :  Balasan Pengaduan Barang

Dengan hormat,

Surat Saudara yang kami terima tertanggal 13 Okober 2013 dengan Nomor: 11/PKB/X/2013 perihal pengaduan kerusakan barang, telah kami terima dengan penuh perhatian.

Sehubungan dengan surat tersebut, kami segera mengirimkan teknisi untuk memperbaiki Mesin Cuci yang mengalami kerusakan.

Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kerusakan barang tersebut dan kami akan lebih memperhatikan pesanan Saudara selanjutnya agar tidak terjadi kejadian serupa.

Kami juga berinisiatif menawarkan kepada Saudara, apabila Saudara berkenan menukarkan Mesin Cuci merk “Uchida” dengan merk “Panasonic” yang mutunya lebih baik, namun harganya sedikit lebih tinggi. Untuk memperjelas, kami juga melampirkan brosur produk sebagai informasi.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

    Hormat kami,
    PT Tirta Mandiri
    Hartono Raharjo
    Manajer Penjualan
Nah itulah dua contoh surat jawaban pengaduan barang yang biasanya dikirimkan oleh pihak penjual kepada pembeli yang mengirimkan keluhan. Dengan melihat contoh diatas, semoga Anda yang membutuhkan informasi terkait dapat terbantu dan contoh diatas bisa dijadikan referensi.