Contoh Surat Cerai

Contoh Surat Cerai – Didalam hubungan rumah tangga ketidak harmonisan merupakan hal yang wajar, hal ini karena pada dasarnya manusia memang diciptakan dengan berbeda beda karakternya. Ketidak harmonisan dalam rumah tangga disebabkan oleh banyak sekali faktor, ada faktor perselingkungan, harta dampai ekonomi.

Nah biasanya kalau sudah begitu, banyak sekali pasangan suami-istri yang memutuskan untuk bercerai. Sebagai bentuk perceraian, biasanya ada yang namanya surat cerai atau surat pernyataan bercerai yang harus dibuat oleh kedua pasangan. Dalam membuat surat cerai ada dua  proses yang harus dilalui yakni, membuat surat permohonan cera ke kantor urusan agama nah yang kedua ada surat perjanjian bercerai yang menjelaskan bahwa pasangan suami istri tersebut telah bercerai atau berpisah.

Lalu seperti apa sebetulnya surat cerai itu? pada umumnya tidaklah berbeda dengan surat pernyataan yang ada. Untuk Lebih jelasnya simak contoh berikut.

Contoh Surat Pernyataai Bercerai

SURAT PERNYATAAN CERAI
Yang bertanda tangan di bawah ini kami masing-masing pihak.
I. Nama       : Ikhsan
   Umur        : 27 tahun
   Agama      : Islam
   Pekerjaan  : Internet Marketer
   Alamat      : Jln. Melati No. 35 Banda Aceh
Dalam hal ini disebut Pihak I. Yang meminta cerai.
II. Nama       : Adil Umara
    Umur        : 25 tahun
    Agama      : Islam
    Pekerjaan  : Ibu Rumah Tangga
    Alamat      : Jln. Mawar No. 20 Banda Aceh
Dalam hal ini disebut Pihak II. Yang memberi cerai.
Pada hari ini Senin tanggal 28 Maret 2016, kami menyatakan yang sebenar-benarnya, di hadapan para saksi-saksi bahwa kami telah sepakat untuk bercerai dalam hidup berumah tangga, atas dasar kemauan kami berdua tanpa ada pemaksaan dari pihak manapun.
Demikianlah surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.
Banda Aceh, 28 Maret 2016
Pihak I                                                                                           Pihak II
Materai Rp. 6000,-
Ikhsan                                                                                         Adil Umara
Saksi-saksi
1. Munadi
2. Ali Sadikin
3. Marhaban
Itulah salah satu contoh surat cerai yang bisa kami sampaikan, semoga artikel ini bisa membantu Anda mendapatkan informasi tentang format dan susunan surat cerai yang baik dan benar. Bercerai merupakan pilihan dan bukanlah kewajiban, jadi ketika suatu hubungan masih bisa diperbaiki maka jauhilah perceraian, sesungguhnya ALLAH membenci perbuatan itu.