Contoh Surat Bisnis

Selamat pagi para pembaca setia KumpulanContohSurat.com yang budiman, kali ini mimin mau berbagi aneka contoh surat bisnis. Sebelum kita ke topik utama, ada baiknya kita pahami dulu apa itu surat bisnis dan kegunaannya. Surat bisnis adalah surat yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan bisnis. Biasanya, surat bisnis dibuat oleh instansi tertentu atau perusahaan yang memang punya kepentingan bisnis dengan para pelanggan atau kompetitornya.

Surat bisnis itu banyak sekali macamnya, contohnya seperti surat lamaran kerja, surat perintah tugas, surat edaran resmi, surat penawaran kerja sama, surat perjanjian, surat izin usaha perdagangan ( SIUP ) dan masih banyak lainnya. Tapi kali ini mimin hanya akan berbagi beberapa contoh surat bisnis seperti yang bisa Anda lihat dibawah ini. Disimak ya!!

Contoh Surat Bisnis Lengkap

Contoh-Surat-Bisnis

Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan salah satu contoh surat bisnis yang pertama. Surat lamaran kerja dibuat oleh seseorang individu untuk kepentingan melamar kerja disuatu perusahaan. Untuk melihat lebih jelas mengenai susunan dan format surat lamaran kerja, Anda bisa lihat pada artikel contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Surat Perintah Kerja

Contoh surat bisnis selanjutnya adalah surat perintah kerja, surat ini dibuat oleh suatu instansi atau perusahaan yang tujuannya untuk memberikan perintah atau penegasan kepada bawahannya untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Surat perintah kerja juga dapat di jadikan suatu identitas resmi untuk karyawan tersebut, bahwasanya karyawan tersebut memang benar-benar utusan perusahaan. Untuk contoh surat bisnis ini dapat Anda lihat pada artikel berjudul Contoh Surat Perintah Kerja.

Surat Izin Usaha Perdagangan

Contoh surat bisnis yang ketiga adalah surat izin usaha perdagangan (SIUP). Surat ini dikeluarkan oleh instansi pemerintah yang mengurusi izin perdagangan. SIUP dibuat sebagai legalitas suatu usaha dapat di laksanakan, dengan adanya SIUP ini sebuah usaha bisa dikatakan resmi dan memiliki kekuatan hukum jika sewaktu-waktu ada tindakan hukum. Jadi jika Anda ingin membangun sebuah perusahaan dagang, ada baiknya segeralah membuat surat izin usaha perdagangan,agar usaha Anda dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan. Untuk contoh surat bisnis jenis ini bisa Anda baca pada artikel Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Nah itulah beberapa contoh surat bisnis yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga dengan penjelasan diatas, Anda jadi dapat memahami dan membedakan seperti apa format surat bisnis itu. Kami harap artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk Anda yang sedang membutuhkan. Terimakasih